Dilema saat Gerakan Tutup Mulut dimulai

Disaat batuk, pilek, demam menyerang anak , mogok makan pun terjadi. 
Iyess saya ngalamin hati teriris-iris ngliat anak gak mau makan *lebay* ditambah seperti trauma setelah makan dan minum obat langsung muntah. Jadi selain sulit makan , minum obat juga jadi nggak mau, kecuali satu jenis obat batuk, padahal rasanya kurleb sama menurut saya, itupun kadang mau kadang tidak.

Mau gak mau memberikan alternatif lain selain nasi, roti yang jadi andalan untuk mengganti separo nasi yang gak mau dimakan sama calief. Jadi calief hanya mau makan beberapa suap nasi setelah itu akan bilang "habis" maksudnya "sudah".  Jeda beberapa menit saya sodorkan roti, jadi lebih senang ngemil dibandingkan maka

Belum lagi drama minum obat, sampe harus bikin skenario untuk akhirnya mau. Tapi kalau skenario nya gagal akhirnya tidak minum obat, di ganti dengan air madu hangat dan memperbanyak minum air putih. 

Batuk, pilek dan demam atau yang lebih dikenal dengan ISPA lebih mudah menyerang anak saat kondisi tidak fit sama seperti orang dewasa. Nah, asupan makan harusnya ditingkatkan agar kondisi tubuh kembali fit. Tapi yaa tapi kalau anaknya susah makan disaat sakit, untuk bisa makan  normal gak pake geleng-geleng kepala aja udah alhamdulilah. 

Kalau saya disaat drama gak mau makan seperti itu, saya alihkan dengan ngajak calief ngobrolin mainan nya sambil perlahan-lahan makan dengan beberapa suapan.

Alhamdulilah berhasil.. 

Perkembangan kemampuan berbicara anak

Alhamdulilah.. Sudah bisa memanggil ine, yang sebelum nya gak kesebut sama sekali, hehehe iya lah ya susahh bener panggilan nya., tapi terlewati sudah dengan lancar sekarang dipanggil ine.

Setelah saya sempet cerita tentang "terlambat bicarakah anakku" banyak banget perkembangan nya yang alhamdulilah dilewati satu demi satu, dari memanggil member yang ada dirumah sampe sudah ngerti untuk bantu-bantu.

Tepat di saat calief mulai bicara, pela 9 (klinik tumbuh kembang anak) telpon saya, karena saya pernah mendaftarkan calief satu bulan sebelum nya :D , saya jawab ke mbak operatornya dengan senang "anak saya sudah bisa bicara mbak" Bahagianya tuh disinihh , iya disini dihati saya :D 

Dan sekarang pun mulai hati-hati kalau bicara di depan calief karena dia akan copy paste banget, contoh sederhana saya lagi ngobrol antusias dengan ayahnya sambil senyum-senyum dia pun dengan seksama ternyata mengikuti sama gaya saya.

Jadi out of topic ya.., maafkeun emak-emak kalo udah ngobrol ngalor ngidul, well Cerita singkat ya trigger nya calief bisa bicara, entah apakah memang ada pengaruhnya atau tidak buat anak-anak lain, but i did it. 

Sebelumnya saya pernah curhat dengan ex teman kantor tentang kondisi calief yang belum ada tanda-tanda bicara, banyak yang bilang kalau bisa jalan duluan ngomongnya lama, ada yang bilang memang belum aja kali calief bicara. Yupp semua saya tampung, saya renungi apa yang salah , saya baca sana sini.

Tapi ada satu teman saya ya ng saran untuk mengurangi atau bahkan menghilangkan dulu menu salmon dan brokoli, nah lo apa hubungan nya dengan kemampuan anak bicara?? Dari hasil baca termasuk blog dr.widodo Spa,  memang ada pengaruhnya jenis makanan pemicu alergi dengan  perilaku anak tapi ada juga yang berpendapat kalau makanan tidak mempengaruhi perilaku anak maupun perkembangan nya. Kalau saya sih yang menurut saya bisa saya terima dan pahami serta gak aneh-aneh saya manut aja. 
Jadi ya, berhubung calief memang punya riwayat alergi turunan saya pun mengikuti saran teman saya yang sudah mempraktekan nya. Selama kurang lebih 2 bulanan saya mengganti salmon dan brokoli dengan menu lain nya, makanan cokelat pun saya hindari tapi kalau keju saya masih berikan ke calief. Entah memang pas kebeneran calief nya udah mulai mau ngomong atau kah pengaruh saya hilangkan jenis makanan diatas , calief mulai cas cis cus. 

Mulai banyak perbendaharaan kata yang dia kuasai, dan mulai memahami kalimat-kalimat apalagi dialog pocoyo dkk walau hanya beberapa kata.  Mungkin blog dr widodo Spa bisa dijadikan referensi bagi mommy sama seperti saya, buat nambah pengetahuan baru, Saat ini calief sudah aman untuk konsumsi brokoli dan salmon , tapi intensitas nya tidak terlalu sering, saya gonta ganti menu pengganti salmon , toh masih banyak kandungan vitamin yang terdapat di hewani lain nya selain salmon.