Sushi untuk ibu hamil



Bertanya-tanya deh untuk para bumil, boleh gak sih hamil makan sushi??sushi mentah loh ya..
Pertanyaan yang sama saya alami, gak karena ngidam, cuman pas kebeneran lagi di salah satu mall yang ada outlet sushi dan ditawarin pak suami, jadi ragu sendiri. 

Akhirnya mundur perlahan mencari alternatif lain, walaupun jenis sushi yang disajikan tidak semua mentah dan sudah banyak variasinya. Selama tidak mentah ibu hamil boleh mengkonsumsi makanan jenis sushi, kalo sashimi kayaknya jelas banget ya gak bolehnya, karena varian yang disajikan mentah semua. ada baiknya memilih sushi vegetarian.

Sama seperti hal nya makan makanan yang dibakar seperti steak, setau saya kita harus pilih yang "well done". cuman godaan untuk "makanan" yang membuat ragu tuh sesuatu banget ya :D

padahal kalo lagi baca-baca artikel ibu hamil sebaiknya mengkonsumsi makanan sehat *nyengir* buat pecinta kuliner siap-siap menahan beberapa jenis menu yang di pantang. kenapa sushi mentah dipantang bagi bumil karena bisa saja makanan tsb tercemar kuman penyakit, sehingga menimbulkan infeksi. Misalnya, bakteri Listeria (mengakibatkan keguguran atau janin meninggal dalam kandungan), bakteri Salmonella (memicu keguguran), parasit Toksoplasma (janin berkondisi abnormal), serta bakteri E. coli (merusak usus dan ginjal).

terus kalo seafood bagaimana ?? tetep boleh kok seperti udang, teri, dan kakap maksimal 340 g per minggu , ikan tuna hingga tidak lebih dari 170 g seminggu.

ada baiknya kita memahami jenis makanan yang "dipantang" untuk ibu hamil sebelum kita mengkonsumsinya, atau untuk lebih yakin bisa ditanyakan ke dokter kandungan saat pemeriksaan rutin bulanan, dengan membuat list pertanyaan jenis makanan apa yang diperbolehkan dan tidak.

Post a Comment

From Nessa