Satu hari untuk Satu Buah

Sejak beberapa minggu abang sudah mulai bersekolah, hampir setiap hari agenda nya adalah menyiapkan bekal dari snack hingga makan siang, dan kegiatan yang hampir semua ibuk-ibuk membuat bingung adalah meal planner iya.. persiapan menu makanan untuk bekal anak.

Terima kasih sekarang sudah ada begitu banyak nya aplikasi masak dan dimudahkan nya mencari menu di kolom search google. dan saya yakin juga hampir ibuk-ibuk yang memiliki anak bersekolah melakukan hal yang sama.

Oke, jadi mengenai one day one fruit ini , dikarenakan hal yang saya jelasin di atas tadi. setiap menyiapkan makanan bekal untuk abang yang dimasukan kedalam box makan bersekat nya selalu ada yang kurang untuk dimasukan kedalam box makanan nya selain sayuran dan lauk protein, yaitu buah.


Konsisten saya dituntut disini 😀, agar setiap hari bisa menyediakan buahan untuk ada di bekal abang, begitu juga dengan sayuran sebagai salah satu menu wajib di bento nya.  Mungkin untuk sebagian ibuk-ibuk lain yang sudah membiasakan anak nya untuk makan sayuran rebus dan buah-buahan rutin, sudah bukan hal yang jadi kendala. Tapi bagi ibuk yang memiliki anak yang agak sulit untuk makan sayuran rebus hohoho beda cerita., seperti saya yang abang pada awalnya tidak begitu terbiasa makan sayuran rebus. tapi sejak bersekolah mau tidak mau abang akhirnya memakan sayuran rebusan. , bukan tidak suka memakan sayuran, tapi penyajian sayuran yang sangat jarang berebus/kukus selain saat dia masih bayi , tapi juga karena tidak mungkin hampir setiap hari sayuran disajikan dalam bentuk berkuah., yang disimpan dalam box makanan dari pagi hingga siang. Jadi sayuran rebus solusi untuk menggantikan sayuran yang berkuah.

Selain itu juga di sekolah selalu di ingatkan oleh guru agar anak-anak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. dan di setiap hari rabu anak diwajibkan membawa buah sebagai salah satu bawaan wajib bento ke sekolah.

Tapi sebisa mungkin abang setiap hari membawa buah walaupun kadang buah nya selalu sama tapi ya at least saya biasakan dia untuk mengkonsumsi buah dan sayuran., anak-anak pada point nya akan mengikuti apa yang kita sajikan kepada mereka setiap hari nya sih ya.. ini sih kalo dari pengamatan saya ke abang, walaupun awalnya ada sedikit penolakan, tapi karena terbiasa akhirnya sudah jadi hal yang biasa aja.

apalagi semenjak dijelaskan manfaat buah untuk tubuh, abang juga jadi lebih aware dengan kesehatan nya sendiri. hehehe iya sulung saya ini tipe anak yang kalo flu aja berjibun pertanyaan yang muncul, kenapa dia bisa sakit dan kapan dia bisa sembuh dari flu nya dll. karena itu saya punya alasan untuk bisa menjelaskan manfaat buah untuk kesehatan tubuhnya., salah satu cara efektif untuk anak lebih senang makan sayur dan buah.

semangat ya kita ibuk-ibuk untuk bisa terapin one day one fruit ini....

2 comments

  1. anak ku suka banget sama buah-buahan makanan mereka setiap hari. kalau sayur yang direbus atau dikukus tanpa kuah aku belum coba. mungkin harus dibiasakan juga ya bun, mumpung masih kecil .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun.. sedini mungkin kita ajarkan, anak-anak juga akan jadi terbiasa.

      Delete