Satu hari untuk Satu Buah

Sejak beberapa minggu abang sudah mulai bersekolah, hampir setiap hari agenda nya adalah menyiapkan bekal dari snack hingga makan siang, dan kegiatan yang hampir semua ibuk-ibuk membuat bingung adalah meal planner iya.. persiapan menu makanan untuk bekal anak.

Terima kasih sekarang sudah ada begitu banyak nya aplikasi masak dan dimudahkan nya mencari menu di kolom search google. dan saya yakin juga hampir ibuk-ibuk yang memiliki anak bersekolah melakukan hal yang sama.

Oke, jadi mengenai one day one fruit ini , dikarenakan hal yang saya jelasin di atas tadi. setiap menyiapkan makanan bekal untuk abang yang dimasukan kedalam box makan bersekat nya selalu ada yang kurang untuk dimasukan kedalam box makanan nya selain sayuran dan lauk protein, yaitu buah.


Konsisten saya dituntut disini 😀, agar setiap hari bisa menyediakan buahan untuk ada di bekal abang, begitu juga dengan sayuran sebagai salah satu menu wajib di bento nya.  Mungkin untuk sebagian ibuk-ibuk lain yang sudah membiasakan anak nya untuk makan sayuran rebus dan buah-buahan rutin, sudah bukan hal yang jadi kendala. Tapi bagi ibuk yang memiliki anak yang agak sulit untuk makan sayuran rebus hohoho beda cerita., seperti saya yang abang pada awalnya tidak begitu terbiasa makan sayuran rebus. tapi sejak bersekolah mau tidak mau abang akhirnya memakan sayuran rebusan. , bukan tidak suka memakan sayuran, tapi penyajian sayuran yang sangat jarang berebus/kukus selain saat dia masih bayi , tapi juga karena tidak mungkin hampir setiap hari sayuran disajikan dalam bentuk berkuah., yang disimpan dalam box makanan dari pagi hingga siang. Jadi sayuran rebus solusi untuk menggantikan sayuran yang berkuah.

Selain itu juga di sekolah selalu di ingatkan oleh guru agar anak-anak mengkonsumsi sayuran dan buah-buahan. dan di setiap hari rabu anak diwajibkan membawa buah sebagai salah satu bawaan wajib bento ke sekolah.


Tapi sebisa mungkin abang setiap hari membawa buah walaupun kadang buah nya selalu sama tapi ya at least saya biasakan dia untuk mengkonsumsi buah dan sayuran., anak-anak pada point nya akan mengikuti apa yang kita sajikan kepada mereka setiap hari nya sih ya.. ini sih kalo dari pengamatan saya ke abang, walaupun awalnya ada sedikit penolakan, tapi karena terbiasa akhirnya sudah jadi hal yang biasa aja.

apalagi semenjak dijelaskan manfaat buah untuk tubuh, abang juga jadi lebih aware dengan kesehatan nya sendiri. hehehe iya sulung saya ini tipe anak yang kalo flu aja berjibun pertanyaan yang muncul, kenapa dia bisa sakit dan kapan dia bisa sembuh dari flu nya dll. karena itu saya punya alasan untuk bisa menjelaskan manfaat buah untuk kesehatan tubuhnya., salah satu cara efektif untuk anak lebih senang makan sayur dan buah.

semangat ya kita ibuk-ibuk untuk bisa terapin one day one fruit ini....

18 comments

  1. anak ku suka banget sama buah-buahan makanan mereka setiap hari. kalau sayur yang direbus atau dikukus tanpa kuah aku belum coba. mungkin harus dibiasakan juga ya bun, mumpung masih kecil .

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya bun.. sedini mungkin kita ajarkan, anak-anak juga akan jadi terbiasa.

      Delete
  2. Anak saya udah ada yang SMA. Sejak TK sudah dibiasakan bawa bekal. Tadinya, saya mau berhenti bawain bekal begitu dia masuk SMA. Khawatir dia malu. Apalagi anak laki-laki. Ternyata malah anaknya yang gak berhenti. Udah biasa bawa bekal sejak kecil

    ReplyDelete
  3. Duh aku jadi malu deh karena sering ga konsisten bawain buah buat audrey, kadang dia lebih suka jus dalam kemasan katanya tinggal glek. Btw sukses ya one day fruitnya

    ReplyDelete
  4. Kalo aku, PR ini bukan buat anak, tapi suami. Padahal buah selalu tersedia di kulkas. Tapi karena nggak dibiasakan dari kecil kali ya, harus banget dihidangkan dulu baru mau makan buah. Itu pun pemilih banget soal buah-buahan.

    ReplyDelete
  5. Lagi nyoba terapkan ini Mba. Bukan ke anak, tapi ke akunya sendiri. Hahaha. Dan untuk konsisten itu susah sih ya. Ada aja alasan untuk tidak konsumsi buah di hari itu.

    ReplyDelete
  6. Kalau anak suka lebih sukanya buah dalam bentuk jus mbak. Memang anak2 perlu makan buah setiap hari ya, biar gak gampang sakit juga

    ReplyDelete
  7. Anakku suka buah tapi lebih ke jus kak.. jadi kalo udah di jus pasti ludes..

    ReplyDelete
  8. Keren idenya mbak. Anakku tu beda2 kalau yang pertama suka buah yang asem2, sedangkan adeknya cuma suka pisang, walau kadang mau jg makan mangga. Mengajari anak makan buah emang penting ya krn buah ini manfaatnya banyak buat daya tahan tubuh anak krn kayak vitamin dan antioksidan jg

    ReplyDelete
  9. Anakku gk suka buah dia hanya suka mangga doang tapi itu juga kan musiman bagus bngt ya kalo anaknya suka makan buah mba memang perlu dibiasakan setiap hari

    ReplyDelete
  10. yes mbak bener, one day one fruit ngga cuma untuk anak2ku sih untuk ku dan suamiku juga

    ReplyDelete
  11. Bagusnya one day one fruit, hmm mengenalkan anak2 untuk suka makan buah Karena memang buah bagus buat kesehatan. Saat menyiapkan bekal anak, aku juga sebisa mungkin ada buah di kotak bekalnya

    ReplyDelete
  12. MashaAllah~
    Ciri anak cerdas, kak...
    Banyak tanya, apalagi yang menyangkut dirinya sendiri.

    Wajib banget yaa...makan makanan berserat.

    ReplyDelete
  13. Dari kecil anak sudah harus terbiasa buah dan sayur, katanya sih jangan kenalkan dengan makanan yg manis dan asin takutnya jadi gak suka buah sayuran

    ReplyDelete
  14. Ak skrg jg rutin belanja buah, daripada belanja stok camilan snakck snack gt mending untuk beli buah yaa

    ReplyDelete
  15. Ini bekasl si kecil ke sekolah ya Mba. Kalau disekolah keponakan ada jadwal menu harian selama sekolah jadi beda-beda setiap hari dan setiap minggu.

    ReplyDelete
  16. Ah bener banget nih, penting bgt ya bekel anak diselipin buah, boleh dicoba nih buat bekel anak-anakku

    ReplyDelete
  17. Saya dulu waktu kecil kurang buah"an segar, alhasil gedenya gini kak wkwk

    ReplyDelete

From Nessa